KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
(KTSP)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
(KTSP)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SEKOLAH : SMP Negeri 2 Kendari
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS : X
SEMESTER : 1
A. STANDAR KOMPETENSI :
Mendengarkan : 1. Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung
B. KOMPETENSI DASAR :
1.1 Menanggapi siaran atau informasi dari media elektronik (berita dan nonberita)
C. MATERI PEMBELAJARAN :
Siaran (langsung) dari radio/ televisi, teks yang dibacakan, atau rekaman berita/ nonberita
• Pokok-pokok isi berita
• penangapan isi berita
D. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
No | Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif |
1 | Menuliskan isi siaran radio/ televisi dalam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami | • Bersahabat/ komunikatif | |
2 | Menyampaikan secara lisan isi berita yang telah ditulis secara runtut dan jelas | • Tanggung jawab | |
3 | Mengajukan pertanyaan/ tanggapan berdasarkan informasi yang didengar (menyetujui, menolak, menambahkan pendapat) | • Kepemimpinan | |
E. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa dapat:
- Menuliskan isi siaran radio/ televisi dengan topik tertentu da¬lam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.
- Menyampaikan secara lisan isi berita yang telah ditulis secara runtut dan jelas.
- Mengajukan pertanyaan/ tanggapan berdasarkan informasi yang didengar (menyetujui, menolak, menambahkan pendapat)
- Menanggapi berita dengan menggunakan alasan dan bahasa yang rasional dan logis.
F. METODE PEMBELAJARAN :
- Penugasan
- Diskusi
- Tanya Jawab
- Unjuk kerja
- Ceramah
- Demonstrasi
G. STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
• Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung. | ||
• Menuliskan isi siaran radio/ televisi dengan topik tertentu da¬lam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami. | ||
• Mengajukan pertanyaan/ tanggapan berdasarkan informasi yang didengar (menyetujui, menolak, menambahkan pendapat) | ||
• Mencari Siaran (langsung) dari radio/ televisi, teks yang dibacakan, atau rekaman berita/ nonberita | ||
• Menanggapi berita dengan menggunakan alasan dan bahasa yang rasional dan logis | ||
• Siswa berlatih mendiskripsikan Siaran (langsung) dari radio/ televisi, teks yang dibacakan, atau rekaman berita/ nonberita | ||
• Siswa Menuliskan isi berita . |
H. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
No | Kegiatan Belajar | Nilai Budaya | Karakter Bangsa |
1 |
1. Kegiatan Awal :
| ||
2 | 2. Kegiatan Inti :
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
Dalam kegiatan elaborasi :
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa :
| ||
3 |
3.Kegiatan Akhir :
|
I. ALOKASI WAKTU :
4 x 40 menit
J. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
• Radio/ tape
• Televisi
• CD salinan berita atau kaset rekaman
K. PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
- Tugas individu
- Ulangan
- Uraian bebas
- Pilihan ganda
- Jawaban singkat
Mengetahui, 2011
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar